pelatihan bahasa inggris karyawan

Tips Pelatihan Bahasa Inggris Bisnis- apakah kamu sedang mencari Informasi tentang ” Business English atau bahasa Inggris bisnis ? atau juga kamu masih bingung membedakan dengan bahasa Inggris Umum dan bahasa Inggris bisnis ?

jadi, apa dan bagaimana Program Bahasa Inggris bisnis atau Business English ?

Secara umum BE ” Business English adalah Cluster pembelajaran bahasa Inggris yang spesifik di  dunia bisnis atau lingkungan Formal seperti :

bernegosiasi,melakukan presentasi , menulis email, report atau Penggunaan bahasa Formal dan term-Istilah khusus di berbagai Industri.

  • Untuk siapa business English  ?

jika kamu berada dilingkungan kerja yang menggunakan bahasa Inggris apakah melalui email,telephone atau secara langsung maka kamu perlu meningkatkan skill bahasa Inggris bisnismu.

Bagi anda para profesional , banker,lawyer, IT ,Engineer, sales, dokter atau profesi apun  yang mengharuskan anda menggunakan bahasa Inggris bisnis apakah  dengan klien,supervisor,principal atau vendor.

atau jika kamu adalah seorang CEO atau HR manager yang menginginkan skills bahasa Inggris Staff nya Perlu ditingkatkan,

tentunya kemampuaan bahasa Inggris bisnis yang baik tidak hanya meningkatkan Brand perusahaan tetapi meningkatkan produktifitas, konon banyak perusahaan merugi karena tidak mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang baik.

bisa juga kamu job seeker yang berencana melamar dan ingin bekerja diperusahaan Internasional yang pastinya akan menggunakan bahasa Inggris dalam keseharianya.

apa Perbedaan BE dengan General English ?

Hampir sama dalam bahasa Indonesia, kita mengenal “ manner” dimana kita menggunakan bahasa tertentu yang lebih sopan dan formal ketika kita berkomunikasi dilingkungan yang sifatnya resmi seperti rapat,pesentasi atau berbicara dengan yang orang yang lebih tua atau kita hormati,

Bahasa Inggris bisnis memilki kosa kata, frase, ungkapan khusus dan berbeda dengan bahasa Inggris umum.

misal :

sorry  ( General english )  – apologize ( Formal Engish )

Anyways  ( General english )  – Nevertheless ( Formal Engish )

lantas apa perbedaan mendasar antara business English dengan bahasa Inggris umum selain kosa kata nya ?

pada prinsinya bahasa Inggris bisnis bersifat lebih to-the-point, kalimatnya lebih singkat tidak menggunakan banyak bahasa kiasan atau Idiom.

untuk penggunaan gramar dalam Bahasa Inggris bisnis lebih simple , semisal untuk tenses pun cukup kuasai di 6 tenses dasar saja ( simple present, simple past, simple continous tense, future tense, perfect tense, past perfect tense )

itu sudah cukup untuk modal bagi anda dalam berkomuniksi dilingkungan formal, mulai dari menulis email, laporan atau untuk presentasi.

Terdengar bahasa Inggris bisnis lebih sederhana dari bahasa Inggris umum ,lantas jika bahasa inggris umum saya sudah baik saya pasti menguasai bahasa Inggris Bisnis ?

tentunya jika dasar bahasa Inggris kita sudah baik akan lebih mudah menguasai bahasa Inggris bisnis, tetapi tidak otomatis jika skill bahasa Inggris umum sudah baik maka skill bahasa Inggris bisnis anda baik pula, kamu masih perlu beradaptasi dengan kosa kata, ungkapan,sapaan dalam bahasa Inggris bisnis yang lebih formal dan persuasif.

Misal  :

our sale of this month was going down significantly ( General English )

Anda bisa mengganti kata going down menjadi decrease untuk bentuk yang lebih formal 

Our sale of this month was decreasing significantly  (business English )

Assertive Language

dan tidak hanya itu dalam bahasa bisnis anda akan belajar bahasa yang lebih assertive atau lebih persuasif , semisal ketika anda tidak setuju dengan pendapat orang lain , dari pada anda mengatakan ” I dont agree with you,

kamu bisa memilih kalimat yang lebih persuasif dengan mengatakan

  • that was an interesting point however ……..
  •  I am afraid that would not be possible to execute because ….

pelatihan bahasa inggris karyawan

Kualifiasi trainer Bisnis English

Siapakah guru /Trainer ideal untuk mengajar  bahasa Inggris Bisnis, haruskan Pengajar Native  English Speaker ? berdasarkan pengalaman kami sebagai penyelenggara In house training untuk ratusan Perusahaan, dalam menentukan trainer Business English yang pertama dilihat dari bio nya adalah dilihat berdasarkan skill yang relevan  dengan Business English Training seperti :

  • Berapa Lama pengalaman mengajarkan Bisnis English
  • Seberapa luas Portfolio nya dalam mengajarkan bisnis English
  • seberapa baik Teknik dan approach training  skill nya untuk mengajar usia dewasa.
  • Interpersonal skill – kemampuan komunikasi yang assertive baik secara lisan atau tulisan
  • Seberapa Sukses keberhasil training untuk klien sebelumnya

pelatihan bahasa inggris karyawan

Native English Teacher Vs Local Teacher

Bahasa inggris adalah lingua franca atau bahasa yang digunakan sebagai bahasa utama antar bangsa, semisal kamu berkomunikasi dengan orang jepang dan kita sendiri orang Indonesia dimana bahasa Inggris bukanlah bahasa Ibu bagi kamu dan partner mu.

bahkan 70 % bahasa Inggris bisnis digunakan oleh non Native English speaker  sepertinya bukanlah keharusan untuk mengadakan Training bahasa Inggris bisnis dengan Native English Teacher apalagi jika Native teacher nya tidak memilki background pengalaman mengajar bahasa Inggris bisnis.

Trainer Business English

Bagaimana dengan Trainer Business English di English coach ,Tentunya seluruh Trainer Business English di Englishcoach jakarta  memilki trackrecord yang baik dan pengalaman yang cukup mumpuni dalam mengajar Business English , kami memilki Talenta  yang mampu memberikan busniess english training ,baik Native English ataupun Local English trainer.

bagaimana alur belajar Program Business English di English Coach jakarta ?

  • Assessment

Program Bisnis English dimulai dengan peserta diberikan test tulis dan wawancara . hal ini bertujuan untuk mengukur skill bahasa Inggris  dan tujuan belajar peserta kursus bahasa Inggris bisnis.

untuk  requirement minimal , peserta sudah berada di level Pra Intermediate atau bagi mereka sudah memilki dasar bahasa Inggris yang cukup untuk berinteraksi secara lisan dan tulisan dengan cukup baik.

Bagi peserta yang masih berada dibawah level pre Interrmediate disarankan untuk mengambil program General English  terlebih dahulu untuk meningkatkan  skill fundamental  ( reading,writing ,Speaking  Listening )

prinsipnya dalam pemilihan program training yang benar adalah ” to learn the basic before the specific ” kuasai yang fundamental sebelum yang spesifik.

  • Training Design

setelah tahap assesment, Kami menyusun kurikulum berdasarkan tujuan belajar dan level peserta, tergantung dari komitmen waktu yang dimilki peserta kursus,

semakin lama waktunya tentunya akan semakin luas skill bahasa inggris bisnis yang bisa didapatkan,

secara umum untuk menguasai bahasa Inggris business seperti ” Formal English conversation, Presentation,email writing,socializing, telephoning, arranging meeting dan negotiation dapat diselesaikan dalam 42 Jam trainng atau dalam waktu 10 Minggu dengan frekuensi belajar 2x setiap minggunya.

Untuk kasus tertentu semisal kamu hanya ingin memfokuskan pada skill bisnis tertentu ,semisal kamu hanya ingin belajar English presentation saja. akamu dapat megikuti mini course atau workshop atau privat class yang bisa diselesaikan dalam waktu 1-3 hari saja.

tentang Pelaksanaan Training di Englishcoach Jakarta

Bisnis english bersifat skill bukan knowledge saja,diperlukan pengulangan dan aktifitas yang real selama belajar, untuk itu  kami menerapkan pendekatan 80 : 20,

dimana selama pembelajaran 80 % waktu training adalah untuk peserta untuk praktek melalui aktifitas atau  simulasi ,diskusi,case study dan role play, dan kemudian 20 % sisanya  adalah untuk penjelasan,instruksi dan feedback dari trainer.

kuota peserta perkelompoknya pun dibatasi, jumlah maksimal peserta per groupnya tidak lebih dari 10 orang peserta , hal inibertujuan supaya peserta memilki perhatian penuh dariTrainer dan waktu yang cukup untuk mempraktekan materi yang dipelajari.

pelatihan bahasa inggris karyawan
PT REGAS NUSANTARA

Ukuran keberhasilan training – the Measurement of the training

Sesuatu yang dapat diukur pasti akan dapat ditingkatkan, sebuah keberhasilan Training harus terukur,jelas dan dapat ditingkatkan.

untuk itu diakhir program peserta training akan diberikan skill test  untuk mempraktekan apa yang sudah mereka pelajari selama training,

semisal untuk program business English peserta akan di berikan test tulis mulai dari reading comprehension,listening, menulis email atau laporan hingga simulasi presentasi.

Program Business English Training Di Englishcoach Jakarta

Di English coach kami menyediakan 1 on 1 On Line Course for business english utuk peserta individu, training dilaksanakan secara tatap muka via zoom, satu siswa satu trainer dan bagi anda yang ingin belajar business english dengan rekan dikantor dapat mengadakan In house English training dimana  kami mengirimkan trainer Bahasa Inggris untuk mengajar dikantor anda dengan jadwal yang dapat menyesuaikan.

untuk kamu perusahaan yang berada diluar Jabodetabek  atau ingin belajar secara online andapun masih bisa mengikuti  Business English training Via zoom dengan maksimal 8 Orang peserta pergroup nya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *