Merasa Sudah Terlambat untuk Belajar bahasa Inggris ?

Sebagian orang merasa bahwa usia 30-,40,50 an adalah usia yang sulit untuk memulai pembelajaran bahasa Inggris.

Penyebabnya ada banyak. Mulai dari sudah tidak tersedianya waktu luang untuk belajar, atau mungkin telah merasa cukup dalam memahami bahasa Inggris pada level tertentu. Siapa di sini yang merasa begitu?

Usia diatas 30-an memang bukan usia kanak-kanak lagi. Usia 30-an merupakan usia matang atau dewasa bahkan mungkin sudah mulai cepat lupa juga.

Oleh karena itu, wajar jika banyak orang merasa memiliki kesulitan dalam memulai pembelajaran bahasa Inggris. “Sudah punya kesibukan lain,” katanya.

Tapi tahukah kamu bahwa saat ini penerapan bertutur bahasa Inggris benar-benar dibutuhkan? Mungkin kamu juga sudah sering mendengar kalimat “Bahasa Inggris adalah bahasa global”. the guardian menuliskan bahwa penduduk di negara berkembang yang mampu berbahasa Inggris memilki Income 25 % lebih besar dari yang tidak memilki skill komunikasi bahasa Inggris sama sekali.

inilah salah satu tandanya bahasa Inggris adalah bahasa yang penting untuk dipelajari dimana saat Sekarang kemampuan Bahasa INGGRIS bukanlah lagi sebuah “specialty “ atau keahlian khusus  tapi sudah menjadi sebuah “ necessity”  (kebutuhan mendasar ).

Mengetahui hal itu, kami sudah merangkum beberapa tips yang bisa diterapkan bagi kamu yang berusia DEWASA dan merasa kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Yuk disimak!

 

  1. Ketahui Pentingnya

Ya. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bahasa Inggris adalah bahasa global. Kini, bahasa Inggris telah digunakan di berbagai aspek kegiatan.

Rapat penting dengan rekan bisnis, atau bahkan sekedar nongkrong bersama teman, bahasa Inggris bukan lagi bahasa yang asing terdengar.

Dengan demikian, mengetahui pentingnya memahami bahasa Inggris adalah hal utama yang dapat mendorong kita untuk mulai belajar.

Melalui fenomena ini, kita wajib beradaptasi dengan kebiasaan bertutur bahasa Inggris.

  1. Tentukan Motivasi

Motivasi merupakan hal yang dapat mendorong seseorang untuk berbuat. Berbuat untuk sesuatu yang telah menjadi tujuannya.

Orang yang memiliki motivasi cenderung akan berusaha lebih gigih untuk mencapai sesuatu yang telah menjadi keinginannya.

Maka dengan motivasi, kita akan mulai tergerak. Mulailah dengan menentukan motivasi kita dalam belajar bahasa Inggris.

Motivasi tersebut bisa terkait dengan pekerjaan kita seperti ingin mampu ‘tersambung’ ke dalam obrolan rapat bisnis, atau yang lainnya.

  1. Jangan Pedulikan Kata Orang

Bukan hanya diri kita sendiri-lah yang menjadi penghalang. Terkadang, orang di sekeliling kita pun demikian. Mungkin seseorang tidak keberatan dalam memulai pembelajaran bahasa Inggris-nya di usia 30-an.

Orang itu tidak masalah jika harus membagi waktunya lebih keras untuk belajar bahasa Inggris. Yang ada, malah orang di sekitarnya yang keberatan dengan tekat orang tersebut.

Perkataan ini mungkin familiar di telingamu. “Ah, kan sudah 30 tahun, mending urus keluarga”, “Kamu kan kerjanya sudah enak, jadi ngapain harus belajar bahasa Inggris lagi”, dan sebagainya.

Oleh karena itu, janganlah terlalu peduli dengan apa yang dikatakan orang lain. Kamu yang berhak mengatur dirimu sendiri. Kamu yang tahu akan kebutuhan dan keinginanmu, sehingga kamu sendiri yang harus berjuang meraihnya, kan?

Oh iya, juga jangan merasa minder karena kamu baru memulai di usia 30-an ya! Percayakan pada diri sendiri, “Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”.

  1. Manfaatkan Teknologi

Saat ini, aplikasi mengenai apapun bisa kita temukan dan langsung install. Lebih dari itu, berkat kemajuan teknologi, semua informasi dapat dengan mudah kita akses.

Termasuk dalam belajar bahasa Inggris, kita bisa manfaatkan teknologi. Download-lah aplikasi, follow-lah akun-akun, dan ikutilah berbagai kursus yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris kita.

Sisihkan sedikit waktumu untuk bisa terhubung dengan pembelajaran-pembelajaran bahasa Inggris. Walaupun sedikit, itu bisa sangat membantumu.

  1. Traveling

Traveling bisa dimanfaatkan untuk melepas penat sekaligus melatih tutur bahasa Inggris. Pergi ke tempat yang sekiranya banyak turis dapat membantu kita melatih kemampuan bahasa Inggris yang kita punya.

Ketika kita melakukannya, kita juga perlu mengevaluasi kemampuan tersebut. Seberapa kita percaya diri, sampai dimana kita memahaminya, dan apa yang perlu kita kembangkan darinya.

Pada dasarnya, traveling ini digunakan untuk melatih. Tapi tidak melulu harus traveling sebenarnya. Kita bisa mulai melatih diri dengan bercengkerama dengan teman, menulis surat bahasa Inggris, atau melalui metode listening.

 6. Mulailah Belajar

Ada banyak cara untuk meningkatkan skill Bahasa inggris mu mulai dari belajar secara otodidak dari Internet,youtube,buku sampai dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, mulai lah kamu investasikan untuk pengembangan bahasa Inggris mu dan raik karir dan bisnis yang lebih baik.

kamu bisa mendaftar di english coach untuk peningkatan bahasa Inggris yang lebih baik, dengan belajar dari seorang Coach Bahasa Tentunya akan mendapatkan penanganan profesional yang dapat mempersingkat waktu belajar dan tentunya peningkatan skill bahasa Inggrismu akan jauh lebih singkat didapatkan.

Keenam tips tersebut bisa dilakukan oleh kamu. Jangan khawatir, kalau kamu punya tekad maka kejarlah apa yang kamu inginkan. You’re never too old to learn English, tidak ada kata terlalu tua atau  telat dalam belajar, jika tidak mulai sekarang kapan lagi, belajar sesuatu perlu komitmen, keseriusan dan kesabaran yang akan mendatangkan manfaat yang baik dimasa depan.

Kursus di English Coach

Di English coach kami memiliki Talent terpilih yang menguasai berbagai pendekatan mengajar bahasa Inggris untuk usia Dewasa dan bagi Individu kami menyediakan 1 on 1 On Line Course untuk berbagai tujuan belajar dimana training dilaksanakan secara tatap muka via zoom, satu siswa satu trainer.

dan bagi anda yang ingin belajar business English Conversation  atau program bahasa Inggris lainya dengan rekan dikantor dapat mengadakan In house English training , dimana  ECJ mengirimkan trainer Bahasa Inggris untuk mengajar dikantor  anda dengan jadwal sebelum atau sesudah jam Kantor.

jika anda adalah  perusahaan yang berada diluar Jabodetabek  atau ingin belajar secara online andapun masih bisa mengikuti  Conversation English training Via zoom dengan maksimal 8 Orang peserta pergroup nya

Apa saja yang akan Kamu dapatkan :

  • Kursus bahasa Inggris khusus usia dewasa.
  • Coach bahasa Native  Speaker dan Local yang memiliki  kefasihan setara Native teacher.
  • Topik Percakapan yang menarik sesuai dengan level speaking anda.
  • Full Interaksi bahasa Inggris setiap pertemuanya.
  • Diagnostic English Test.
  • Guidance untuk “ Pengucapan,Intonasi, Expression dan Kosa kata baru.
  • Pengalaman belajar yang fun,unik dan menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *